Seputar PPID

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Karenanya, hak memperoleh informasi termasuk hak asasi manusia. Bahkan, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117/KEP/M.KOMINFO/03/2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatur bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA mempunyai tugas : 1. merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan layanan informasi publik di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; dan 2. melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait di bidang layanan, pengelolaan informasi publik, dokumentasi dan arsip, dan pengaduan dan penyelesaian sengketa.  

Visi, Misi, dan Motto

  • Visi
    Terwujudnya Desiminasi Informasi transparan dan akuntabel sebagai wujud pemberian    layanan kepada   pemohon informasi sesuai dengan ketentuan, peraturan perundang-undangan
  • Misi
    1. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang baik
    2. Membangun serta mengembangkan sistem layanan informasi publik
    3. Meningkatkan membangun kopetensi sumberdaya manusia
  • Motto
    Sederhana, Murah Cepat serta Tepat